Selamat Datang di Portal GIS for E-Control Luwu Utara

“GIS for E_CONTROL #area 167
= GIS atau Geography Information System, merupakan program dalam melakukan pemoresesandata spasial. Sistim ini secara umum dan luas digunakan oleh pengguna data informasi kebumian. Pada awalnya GIS lebih dikenal sebagai tools dalam menyelesikan permasalahan pertambangan, baik dari sisi perencanaan, pelaksanaan maupun sebagai alat untuk evaluasi progress kegiatan usaha pertambangan.

= E_CONTROL. E adalah Enviomental dan Control dalam  bahasa Ingris berarti Pengendalian..  = #area167 merupakan kode urutan dalam delapan area perubahan yang ditetapkan ole PAN_RB, tentang Manajemen Perubahan (Mind Set & Cultur Set); Penguatan Pengawasan; Penguatan Akuntabilitas Kinerja, Terkait dengan Tujuan Reformasi Birokrasi untuk mencapai Pemerintahan yang bersih dan bebas KKN

DESKRIPSI_
Dinas Lingkungan Hidup merupakan salah satu Organisasi Perangkat Daerah dalam Pemerintahan Kabupaten Luwu Utara. Dinas Lingkungan Hidup bertanggungjawab dalam melaksanakan Tugas dan Fungsinya dalam pencapaian RPJP dan RPJMD Kabupaten Luwu Utara yang diimplementasikan dalam Visi  Dinas Lingkungan Hidup yaitu Luwu Utara Lestari Dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Pembangunan Yang Berwawasan Lingkungan dan akan diwujudkan dalam beberapa Misi yatu :

Mewujudkan Reformasi Tata Kelola Kepemerintahan yang efektif dan     profesional dalam Perlindungan dan Pengelolaan LH.
Mengembangkan Pelayanan Dan Sistem Informasi LH yang terintegrasi
Mengendalikan Dampak Pembangunan terhadap kelestarian fungsi Lingkungan Hidup.
Mewujudkan Peran serta Pemangku Kepentingan dalam Perlindungan dan         Pengelolaan LH
Menegakkan Regulasi dan Kesadaran Hukum Lingkungan Hidup

Atas kewenangan yang diamanahkan Peraturan Perundang-Undangan, Dinas Lingkungan Hidup memiliki tanggungjawab melaksanakan tugas dalam bentuk Program sebagaimana yang dijabarkan dalam Tugas dan Fungsi Dinas. Salah satu Tugas yang termaktub dalam Tugas Bidang Pengendalian Pencemaran dan kerusakan Lingkungan adalah  ” Melaksanakan pengembangan sistim Informsi tentang Informasi Kondisi Potensi Dampak Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Kepada Masyarakat.”